Analisis Perusahaan Gojek Yang Menggunakan Media Sosial Instagram Dalam Menjalankan Bisnis Perusahaannya
- April 06, 2021
- by
Instagram, menjadi salah satu media
sosial yang memiliki banyak pengguna saat ini. Saya salah satu penggemar dari
media sosial instagram, karena melalui media sosial ini, saya bisa saling
berbagi foto dan video kepada orang lain dimanapun dan kapanpun. Selain itu
juga, dengan menggunakan instagram kita bisa saling bertukar pesan dengan
kerabat dan teman dekat dimanapun dan kapanpun, kita juga bisa mengetahui
update terbaru dari idola yang kita suka, lalu juga ada fitur instastory dimana
kita bisa berfoto dan membuat video dengan menggunakan filter yang menarik,
pada fitur instastory kita juga bisa membuat kolom Question and Answer, polling
dan masih banyak lagi hal – hal yang membuat instagram disukai oleh masyarakat.
Perusahaan yang besar seperti Gojek
Indonesia memilih media sosial instagram sebagai media promosi nya. Mengingat,
media sosial memiliki pengaruh cukup besar bagi kegiatan pemasaran digital,
karena mampu membangun dan menarik minat konsumen dan calon konsumen terhadap
suatu produk, jasa, atau brand yang ditawarkan.
Dan berikut ini merupakan analisis
yang saya buat, terkait perusahaan Gojek yang menggunakan media sosial
instagram dalam menjalankan bisnis perusahaannya..
1. Fungsi media sosial instagram Gojek Indonesia :
Fungsi utama dari akun instagram
@gojekindonesia itu sendiri adalah untuk meningkatkan brand awareness dan
membangun brand image dari perusahaan Gojek itu sendiri. Mengingat instagram
merupakan media sosial yang saat ini sedang digemari oleh masyarakat banyak,
terutama pada generasi millennial dan generasi Z. Tentu saja, dengan
menggunakan media sosial instagram perusahaan Gojek bisa dengan mudah
meningkatkan brand awareness dan membangun brand image perusahaannya.
Selain kedua fungsi tersebut,
fungsi lain dari media sosial instagram @gojekindonesia itu sendiri adalah
untuk memberitahukan kepada masyarakat khususnya para pengguna Gojek terkait
dengan kampanye – kampanye perusahaannya, promo layanan, fitur terbaru dari
aplikasi Gojek, games – games yang seru, event perusahaan, giveaway, lowongan
kerja, kisah inspiratif dari para mitra Gojek dan konten – konten menarik
lainnya dari Gojek Indonesia.
Dan dalam akun instagram @gojekindonesia tidak hanya memberitahukan informasi yang penting dan menarik mengenai perusahaan Gojek di Indonesia itu sendiri, namun juga informasi yang penting dan menarik mengenai perusahaan Gojek di Vietnam, Thailand dan Singapura.
2. Feedback masyarakat terhadap keberadaan media sosial instagram @gojekindonesia :
Dengan 995 ribu followers, akun instagram @gojekindonesia dapat mengumpulkan antara 3000 hingga 28.000 likes pada unggahannya, dan komentar yang diberikan oleh masyarakat berkisar antara 100 hingga 2000 komentar.
Dan pada Mei 2019 kemarin, Gojek sempat menjadi trending di twitter dengan adanya tagar #InstagramGOJEK karena pada saat itu akun @gojekindonesia menghapus semua postingan feeds pada akun instagram mereka. Hal ini sempat menjadi ramai dan menjadi perbincangan masyarakat, karena masyarakat mengira bahwa akun instagram @gojekindonesia diretas. Namun hal ini merupakan sebagai salah satu strategi kampanye marketing dari Gojek ketika bulan suci Ramadhan 2019 kemarin, aksi tersebut dilakukan sebagai filosofi kembali suci.
Antusiasme, perhatian dan ketertarikan masyarakat untuk memfollow dan mengakses akun instagram @gojekindonesia membuktikan bahwa feedback masyarakat terhadap keberadaan media sosial instagram @gojekindonesia sangatlah bagus.
3. Efektifitas media sosial
instagram @gojekindonesia dalam kesehariannya :
Efektifitas media sosial instagram
@gojekindonesia dapat dilihat pada beberapa konten postingannya. Di beberapa
konten postingan feeds nya akun @gojekindonesia jarang membalas komentar dari
masyarakat. Tetapi pada konten instagram story nya seperti konten Question and
Answer, akun @gojekindonesia cukup fast
respon dalam membalas pertanyaan yang diberikan oleh masyarakat.
Dengan Gojek menggunakan media sosial instagram, menurut saya merupakan bentuk strategi komunikasi pemasaran yang tepat dan efektif, karna instagram merupakan media promosi yang gratis, bagus, cepat dalam menyampaikan informasi, bisa menjangkau khalayak yang luas, dan dapat mengurangi biaya marketing perusahaan.
Sumber :
http://repository.bakrie.ac.id/2450/2/01%20BAB%20I%20-%20III.pdf
0 comments:
Post a Comment