Hai, Selamat datang di blog saya!!

Saya Zahra Zhafirah

Seorang mahasiswi ilmu komunikasi di Universitas Gunadarma Selamat membaca!!

Sunday, May 16, 2021

Press Release : Kegiatan Media Relations Yang Menguntungkan Perusahaan/Organisasi di Era Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi

  • May 16, 2021
  • by

Media relations merupakan salah satu mata kuliah yang saya pelajari sebagai mahasiswi jurusan ilmu komunikasi. Mulai dari pengertian media relations itu sendiri, tujuan media relations, manfaat media relations hingga kegiatan media relations itu sendiri terdiri dari apa saja.

Pada perkuliahan minggu ini, saya mendapatkan materi mengenai apa saja kegiatan media relations. Kegiatan media relations itu sendiri menurut Frank Jefkins (1992) yaitu dibedakan menjadi 2. Ada kontak formal dan kontak informal.

1. Kontak formal terdiri dari : Press Conference, Press Tour, Press Reception & Press Gathering serta ada Press Briefing.

2. Kontak informal terdiri dari :  Press Statement dan Press Interview.

Lalu juga ada kegiatan media relations menurut Rini Damastuti dalam Media Relations : Konsep Strategi dan Aplikasi (2012), menurut nya kegiatan media relations terdiri dari Press Release dan menggelar suatu kegiatan atau acara, contohnya Media Gathering, Press Call, Media Events serta Konferensi Pers.

Dari berbagai macam kegiatan media relations tersebut, di era perkembangan teknologi komunikasi dan informasi saat ini, menurut saya kegiatan media relations yang menjadi sangat diuntungkan pihak organisasi atau perusahaan adalah press release.


Press release atau siaran pers menurut Rini Damastuti dalam Media Relations : Konsep Strategi dan Aplikasi (2012), press release yang ditujukan kepada editor, merupakan pemberitahuan mengenai layanan publik dan komunikasi melalui media di internet.

Dengan adanya internet, memberikan banyak kemudahan kepada setiap orang dan juga organisasi atau perusahaan. Salah satunya kepada praktisi PR dalam melakukan salah satu kegiatan media relations yaitu membuat dan menyusun press release suatu perusahaan atau organisasi. Seperti yang dilakukan oleh PT Gojek Indonesia dalam membuat press release perusahaannya terkait dengan event – event perusahaan PT Gojek Indonesia itu sendiri, fitur terbaru aplikasi Gojek, kampanye terbaru perusahaannya, dan lain - lain. PT Gojek Indonesia menggunakan media online (website) yaitu

https://www.gojek.com/blog/category/press-release/

https://www.gojek.com/pesandarirumah/


Dengan menggunakan media online (website perusahaan) khalayak/publik dapat mengakses semua press release yang telah dibuat oleh PR suatu perusahaan atau organisasi dengan menggunakan kata – kata yang mudah dicari dan dipahami khalayak. Selain itu, PR dapat membuat mailing list dari publiknya. Mailing list adalah perangkat elektronik yang dapat menyebarkan press release kepada publiknya melalui kotak e-mail.

Semua aktivitas PR diatas, yang melalui internet tersebut memungkinkan PR menjalin hubungan baik untuk mempertahankan dukungan publik internal dan eksternalnya. Publik akan sangat tergantung kepada PR sebagai sumber informasi berita yang tidak tersaji di surat kabar dan media massa lain. Melalui internet, PR dapat menghemat biaya dibanding harus mengirim press release melalui pos atau faks.

Hal ini tentu membuat perusahaan atau organisasi, lebih mudah dalam menyebarkan suatu informasi dan menghemat biaya anggaran perusahaan atau organisasi. Sehingga perusahaan atau organisasi sangat diuntungkan dengan salah satu kegiatan media relations ini, yaitu press release.

Kendati PR melakukan penggunaan internet, tidak berarti harus menyepelekan media lainnya. Media selain internet tetap menjadi bagian penting dalam melakukan penyebaran berita atau informasi PR.


Dan berikut ini merupakan video press conference saya, dan pada video tersebut saya juga membacakan press release PT Gojek Indonesia terkait kampanye terbaru nya yaitu #PesanDariRumah. Hal ini dilakukan sebagai latihan melaksanakan kegiatan media relations. Happy watching!

https://youtu.be/972WZpdAgEw

Sumber :

https://media.neliti.com/media/publications/153919-ID-sebuah-perspektif-baru-humas.pdf

https://media.neliti.com/media/publications/92442-ID-manfaat-internet-sebagai-media-komunikas.pdf

https://www.akudigital.com/bisnis-tips/pengertian-media-massa-serta-jenis-karateristiknya/

https://www.akudigital.com/bisnis-tips/press-release-adalah/


Allahuma Yassir Wala Tu'assir. "Ya Allah Permudahkanlah Urusanku dan Janganlah Engkau Persulit.."

0 comments:

Post a Comment

ZAHRA ZHAFIRAH
IG : @zahraz_
Tangerang, Indonesia

SEND ME A MESSAGE

Powered by Blogger.