Press Release : Kegiatan Media Relations Yang Menguntungkan Perusahaan/Organisasi di Era Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi
- May 16, 2021
- by
1. Kontak formal terdiri dari
: Press Conference, Press Tour, Press Reception & Press Gathering serta ada
Press Briefing.
2. Kontak informal terdiri
dari : Press Statement dan Press
Interview.
Lalu juga ada kegiatan media
relations menurut Rini Damastuti dalam Media Relations : Konsep Strategi dan
Aplikasi (2012), menurut nya kegiatan media relations terdiri dari Press
Release dan menggelar suatu kegiatan atau acara, contohnya Media Gathering, Press
Call, Media Events serta Konferensi Pers.
Dari berbagai macam kegiatan
media relations tersebut, di era perkembangan teknologi komunikasi dan
informasi saat ini, menurut saya kegiatan media relations yang menjadi sangat
diuntungkan pihak organisasi atau perusahaan adalah press release.
Press release atau siaran pers menurut Rini Damastuti dalam Media Relations : Konsep Strategi dan Aplikasi (2012), press release yang ditujukan kepada editor, merupakan pemberitahuan mengenai layanan publik dan komunikasi melalui media di internet.
Dengan adanya internet,
memberikan banyak kemudahan kepada setiap orang dan juga organisasi atau
perusahaan. Salah satunya kepada praktisi PR dalam melakukan salah satu
kegiatan media relations yaitu membuat dan menyusun press release suatu
perusahaan atau organisasi. Seperti yang dilakukan oleh PT Gojek Indonesia
dalam membuat press release perusahaannya terkait dengan event – event
perusahaan PT Gojek Indonesia itu sendiri, fitur terbaru aplikasi Gojek,
kampanye terbaru perusahaannya, dan lain - lain. PT Gojek Indonesia menggunakan
media online (website) yaitu
https://www.gojek.com/blog/category/press-release/
https://www.gojek.com/pesandarirumah/
Dengan menggunakan media
online (website perusahaan) khalayak/publik dapat mengakses semua press release
yang telah dibuat oleh PR suatu perusahaan atau organisasi dengan menggunakan
kata – kata yang mudah dicari dan dipahami khalayak. Selain itu, PR dapat
membuat mailing list dari publiknya. Mailing list adalah perangkat elektronik
yang dapat menyebarkan press release kepada publiknya melalui kotak e-mail.
Semua aktivitas PR diatas,
yang melalui internet tersebut memungkinkan PR menjalin hubungan baik untuk
mempertahankan dukungan publik internal dan eksternalnya. Publik akan sangat
tergantung kepada PR sebagai sumber informasi berita yang tidak tersaji di
surat kabar dan media massa lain. Melalui internet, PR dapat menghemat biaya
dibanding harus mengirim press release melalui pos atau faks.
Hal ini tentu membuat
perusahaan atau organisasi, lebih mudah dalam menyebarkan suatu informasi dan
menghemat biaya anggaran perusahaan atau organisasi. Sehingga perusahaan atau
organisasi sangat diuntungkan dengan salah satu kegiatan media relations ini,
yaitu press release.
Kendati PR melakukan
penggunaan internet, tidak berarti harus menyepelekan media lainnya. Media
selain internet tetap menjadi bagian penting dalam melakukan penyebaran berita
atau informasi PR.
Dan berikut ini merupakan video press conference saya, dan pada video tersebut saya juga membacakan press release PT Gojek Indonesia terkait kampanye terbaru nya yaitu #PesanDariRumah. Hal ini dilakukan sebagai latihan melaksanakan kegiatan media relations. Happy watching!
Sumber :
https://media.neliti.com/media/publications/153919-ID-sebuah-perspektif-baru-humas.pdf
https://media.neliti.com/media/publications/92442-ID-manfaat-internet-sebagai-media-komunikas.pdf
https://www.akudigital.com/bisnis-tips/pengertian-media-massa-serta-jenis-karateristiknya/
https://www.akudigital.com/bisnis-tips/press-release-adalah/
0 comments:
Post a Comment