Hai, Selamat datang di blog saya!!

Saya Zahra Zhafirah

Seorang mahasiswi ilmu komunikasi di Universitas Gunadarma Selamat membaca!!

Tuesday, April 6, 2021

Laporan Analisis Karakter Media Massa : Youtube

  • April 06, 2021
  • by

Youtube merupakan media sosial sekaligus media massa yang sedang digemari oleh masyarakat banyak, termasuk saya salah satunya. Jika membuka aplikasi Youtube, rasanya saya bisa mengakses aplikasi tersebut selama hampir 2 jam perhari. Banyak pilihan video yang menarik, bisa menonton kapan saja dan dimana saja merupakan alasan mengapa Youtube digemari oleh masyarakat banyak.

Sebagai seorang mahasiswi ilmu komunikasi, saya mendapatkan materi pembelajaran mengenai media massa, dan kali ini saya akan mencoba untuk membuat laporan analisis karakter media massa yaitu Youtube, berkaitan dengan PT Gojek Indonesia yang memperkenalkan kampanye terbaru nya yaitu #PesanDariRumah melalui akun channel Youtube Gojek Indonesia.


PT GOJEK INDONESIA

Gojek merupakan perusahaan transportasi dan penyedia jasa berbasis online yang beroperasi di Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2010 oleh Nadiem Makarim, dan terus berkembang pesat hingga saat ini, sampai akhirnya Gojek tidak hanya beroperasi di Indonesia saja, namun juga di beberapa negara Asia Tenggara lainnya seperti Vietnam, Thailand, dan Singapura. Gojek juga telah membuat kampanye - kampanye yang tidak hanya bermanfaat bagi pelanggan, namun juga bermanfaat bagi mitra Gojek. Salah satu kampanye terbarunya yaitu kampanye #PesanDariRumah yang baru saja dirilis pada 16 Maret 2021 kemarin.


Jenis Media 

Di era digital ini, Youtube merupakan salah satu aplikasi yang paling sering digunakan oleh masyarakat. Mudah diakses, sebagai sarana komunikasi dan pencarian informasi, selain itu juga sebagai sarana hiburan (musik, film, gaming,dll), serta bisa dijadikan sarana untuk berkarya sekaligus menjadi mata pencaharian, membuat masyarakat sangat menyukai salah satu media sosial sekaligus media massa ini.

Oleh karena itu, Gojek memperkenalkan kampanye terbaru nya #PesanDariRumah melalui akun Youtube resmi nya yaitu Gojek Indonesia. Akun Youtube tersebut berisikan informasi – informasi tentang fitur terbaru dari aplikasi Gojek, promo layanan, event yang diadakan oleh Gojek, kisah inspiratif dari para mitra Gojek, hingga kampanye – kampanye yang dibuat oleh Gojek, seperti salah satunya kampanye #PesanDariRumah dan masih banyak lagi.


Kebijakan Media

Fungsi yang lebih diutamakan yaitu memberikan informasi tentang adanya kampanye terbaru dari Gojek, yaitu #PesanDariRumah yang bertujuan untuk mengajak mitra Gojek dan pelanggan, agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan. Melalui sebuah video berdurasi 1 menit 44 detik, yang memperlihatkan seorang anak kecil perempuan yang merasa khawatir, karena ayahnya yang setiap hari harus bepergian keluar rumah ditengah masa pandemi covid-19 sebagai mitra Gojek, untuk bertemu dengan banyak pelanggan. Pada video tersebut juga, terdapat scene anak kecil perempuan yang memberikan pesan untuk selalu menggunakan masker agar saling menjaga satu sama lain.



Sasaran Publik 

Sasaran publik dari video kampanye #PesanDariRumah yang di unggah pada channel Youtube Gojek Indonesia adalah dari semua kalangan seperti generasi X, generasi Y dan generasi Z yang saat ini berusia 11 tahun – 26 tahun. Karena pada saat ini, para generasi tersebut lebih menyukai mengakses media massa berbasis web video sharing yaitu Youtube dibandingkan dengan media massa televisi. Oleh karena itu Gojek memperkenalkan kampanye terbarunya #PesanDariRumah melalui media sosial sekaligus media massa Youtube. 



Siklus terbit atau penayangan 

Siklus terbit atau penayangan dari channel Youtube Gojek Indonesia yaitu setiap kali Gojek mengeluarkan informasi terbaru mengenai fitur terbaru aplikasi Gojek, promo layanan, event yang diadakan oleh Gojek, kisah inspiratif dari para mitra Gojek serta kampanye – kampanye terbarunya, yang biasanya diunggah setiap 1 bulan sekali.


Dengan PT Gojek Indonesia mengunggah kampanye terbarunya melalui sebuah video singkat berdurasi 1 menit 44 detik ke dalam akun Youtube Gojek Indonesia, merupakan strategi komunikasi pemasaran yang tepat karena dengan video kampanye tersebut, saya sebagai salah satu pelanggan dari Gojek yang tadinya sempat merasa ragu dan takut untuk menggunakan jasa nya menjadi merasa aman untuk menggunakan jasa nya di tengah masa pandemi covid – 19 seperti sekarang ini. 


Sumber :

http://eprints.umm.ac.id/54640/3/BAB%20II.pdf

http://eprints.umm.ac.id/40615/3/BAB%20II.pdf

https://www.gojek.com/about/

https://www.youtube.com/channel/UCmlKSK0OKn_B3oPwElW4n5w/featured






 


Allahuma Yassir Wala Tu'assir. "Ya Allah Permudahkanlah Urusanku dan Janganlah Engkau Persulit.."

0 comments:

Post a Comment

ZAHRA ZHAFIRAH
IG : @zahraz_
Tangerang, Indonesia

SEND ME A MESSAGE

Powered by Blogger.