Laporan Analisis Karakter Media Massa : Youtube
- April 06, 2021
- by
Youtube merupakan media
sosial sekaligus media massa yang sedang digemari oleh masyarakat banyak,
termasuk saya salah satunya. Jika membuka aplikasi Youtube, rasanya saya bisa
mengakses aplikasi tersebut selama hampir 2 jam perhari. Banyak pilihan video
yang menarik, bisa menonton kapan saja dan dimana saja merupakan alasan mengapa
Youtube digemari oleh masyarakat banyak.
Sebagai seorang mahasiswi ilmu
komunikasi, saya mendapatkan materi pembelajaran mengenai media massa, dan kali
ini saya akan mencoba untuk membuat laporan analisis karakter media massa yaitu
Youtube, berkaitan dengan PT Gojek Indonesia yang memperkenalkan kampanye
terbaru nya yaitu #PesanDariRumah melalui akun channel Youtube Gojek Indonesia.
PT GOJEK INDONESIA
Gojek merupakan perusahaan
transportasi dan penyedia jasa berbasis online yang beroperasi di Indonesia.
Perusahaan ini didirikan pada tahun 2010 oleh Nadiem Makarim, dan terus
berkembang pesat hingga saat ini, sampai akhirnya Gojek tidak hanya beroperasi
di Indonesia saja, namun juga di beberapa negara Asia Tenggara lainnya seperti
Vietnam, Thailand, dan Singapura. Gojek juga telah membuat kampanye - kampanye
yang tidak hanya bermanfaat bagi pelanggan, namun juga bermanfaat bagi mitra
Gojek. Salah satu kampanye terbarunya yaitu kampanye #PesanDariRumah yang baru
saja dirilis pada 16 Maret 2021 kemarin.
Jenis Media
Di era digital ini, Youtube merupakan salah satu aplikasi yang paling sering digunakan oleh masyarakat. Mudah diakses, sebagai sarana komunikasi dan pencarian informasi, selain itu juga sebagai sarana hiburan (musik, film, gaming,dll), serta bisa dijadikan sarana untuk berkarya sekaligus menjadi mata pencaharian, membuat masyarakat sangat menyukai salah satu media sosial sekaligus media massa ini.
Oleh karena itu, Gojek
memperkenalkan kampanye terbaru nya #PesanDariRumah melalui akun Youtube resmi
nya yaitu Gojek Indonesia. Akun Youtube tersebut berisikan informasi – informasi
tentang fitur terbaru dari aplikasi Gojek, promo layanan, event yang diadakan
oleh Gojek, kisah inspiratif dari para mitra Gojek, hingga kampanye – kampanye
yang dibuat oleh Gojek, seperti salah satunya kampanye #PesanDariRumah dan
masih banyak lagi.
Kebijakan Media
Fungsi yang lebih diutamakan yaitu
memberikan informasi tentang adanya kampanye terbaru dari Gojek, yaitu
#PesanDariRumah yang bertujuan untuk mengajak mitra Gojek dan pelanggan, agar
selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan. Melalui sebuah video berdurasi 1
menit 44 detik, yang memperlihatkan seorang anak kecil perempuan yang merasa khawatir,
karena ayahnya yang setiap hari harus bepergian keluar rumah ditengah masa
pandemi covid-19 sebagai mitra Gojek, untuk bertemu dengan banyak pelanggan. Pada
video tersebut juga, terdapat scene anak kecil perempuan yang memberikan pesan
untuk selalu menggunakan masker agar saling menjaga satu sama lain.
Sasaran Publik
Sasaran publik dari video kampanye #PesanDariRumah yang di unggah pada channel Youtube Gojek Indonesia adalah dari semua kalangan seperti generasi X, generasi Y dan generasi Z yang saat ini berusia 11 tahun – 26 tahun. Karena pada saat ini, para generasi tersebut lebih menyukai mengakses media massa berbasis web video sharing yaitu Youtube dibandingkan dengan media massa televisi. Oleh karena itu Gojek memperkenalkan kampanye terbarunya #PesanDariRumah melalui media sosial sekaligus media massa Youtube.
Siklus
terbit atau penayangan
Siklus terbit atau penayangan dari channel Youtube Gojek
Indonesia yaitu setiap kali Gojek mengeluarkan informasi terbaru mengenai fitur
terbaru aplikasi Gojek, promo layanan, event yang diadakan oleh Gojek, kisah
inspiratif dari para mitra Gojek serta kampanye – kampanye terbarunya, yang biasanya
diunggah setiap 1 bulan sekali.
Dengan PT Gojek Indonesia mengunggah kampanye terbarunya melalui sebuah video singkat berdurasi 1 menit 44 detik ke dalam akun Youtube Gojek Indonesia, merupakan strategi komunikasi pemasaran yang tepat karena dengan video kampanye tersebut, saya sebagai salah satu pelanggan dari Gojek yang tadinya sempat merasa ragu dan takut untuk menggunakan jasa nya menjadi merasa aman untuk menggunakan jasa nya di tengah masa pandemi covid – 19 seperti sekarang ini.
Sumber :
http://eprints.umm.ac.id/54640/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umm.ac.id/40615/3/BAB%20II.pdf
https://www.youtube.com/channel/UCmlKSK0OKn_B3oPwElW4n5w/featured
0 comments:
Post a Comment