Membuat Siaran Pers, Salah Satu Jenis Penulisan Humas
- July 05, 2021
- by
Menulis...
Menulis
merupakan suatu aktivitas komunikasi yang menggunakan bahasa sebagai medianya. Salah
satu pekerjaan yang membutuhkan keterampilan menulis yaitu seorang praktisi
atau staf Hubungan Masyarakat (Humas) atau Public Relations (PR). Humas harus
terampil membuat tulisan atau naskah – naskah yang diperlukan untuk kepentingan
pencitraan positif dan popularitas perusahaan atau organisasi yang dikenal
dengan istilah Penulisan Humas (PR Writing). Secara teknis, keterampilan PR
dalam hal menulis sama dengan keterampilan menulis yang dimiliki wartawan
(jurnalistik)
Pada
perkuliahan minggu ini pada mata kuliah media relations, saya mempelajari
materi “Teknik Penulisan Media Relations”. Pada materi tersebut, terdapat salah
satu pembahasan mengenai jenis – jenis penulisan humas. Jenis – jenis penulisan
humas itu sendiri terdiri dari :
1.
Siaran Pers
Naskah
berita untuk dipublikasi di media massa. Dari segi isi, bisa dibagi menjadi
basic press release, product release, financial release.
2.
Naskah Pidato
Materi/
sambutan yang akan disampaikan pimpinan. Ditulis dengan gaya tutur/percakapan
karena naskah akan dibacakan.
3.
Advertorial
Advertorial
(pariwara) adalah gabungan dari promosi dan opini. Bentuk tulisannya bisa
berupa berita, feature, atau artikel.
4.
Selebaran
Dirancang
untuk keperluan internal dan eksternal, bisa berupa informasi atau gambaran
atau ide baru dari perusahaan.
5.
Media Internal
Dibagi menjadi inhouse magazine dan newsletter. Dibuat sebagai sarana komunikasi, informasi serta publikasi internal.
6.
Website dan Media sosial
PR
di era saat ini juga memiliki tugas mengelola website resmi dan media sosial
resmi perusahaan.
7.
Surat Pembaca
Hampir
sama dengan press release namun memiliki tujuan berbeda, yaitu berupa
tanggapan, sanggahan, atau klarifikasi atas informasi yang dinilai salah di
media.
Dan
diantara berbagai jenis penulisan humas tersebut, saya mencoba membuat salah
satu diantaranya yaitu siaran pers atau yang dikenal juga dengan press release.
Press release atau Siaran Pers merupakan naskah berita untuk dipublikasi di
media massa. Dari segi isi, siaran pers atau press release itu sendiri terbagi
menjadi tiga jenis, diantaranya yaitu :
A.
Basic Press Release
B.
Product Release
C.
Financial Release
Dan
siaran pers atau press release yang saya buat, terkait perusahaan Gojek yang
resmi merger dengan perusahaan Tokopedia membentuk Grup GoTo, termasuk ke dalam
jenis siaran pers Basic press release.
Basic
press release adalah sebuah siaran pers yang menyajikan berbagai macam
informasi yang terkait dengan masalah internal perusahaan atau organisasi yang
harus di publikasikan. Selain itu jenis press release yang satu ini juga
memiliki nilai – nilai berita berbasis lokal – regional dan nasional.
Jadi,
seorang Humas atau PR suatu perusahaan atau organisasi dapat menggunakan format
basic press release ini untuk menyampaikan berita atau informasi umum mengenai
internal perusahaan atau organisasi nya kepada khalayak umum untuk mendapatkan
citra yang baik di mata masyarakat.
Dan berikut inilah merupakan siaran pers yang telah saya buat…
Bahan Ajar Dosen
https://www.kompasiana.com/akipeffendy/550eb183a33311b12dba83af/hakikat-keterampilan-menulis
https://romeltea.com/writing-penulisan-humas/
https://swa.co.id/swa/trends/praktisi-pr-wajib-bisa-nulis
https://digitaladvertising.id/note/apa-itu-press-release/
0 comments:
Post a Comment